Sabtu, 23 Mei 2009

Lomba Tingkat I dan Pelantikan Penggalang

0 komentar
Troso – lebih dari 200 anggota pramuka penggalang Gugus Depan 09.103/09.104 (MTs. Matholi’ul Huda Troso) mengikuti acara Lomba Tingkat I (LT I) dan Pelantikan Penggalang pada Kamis – Jumat (21 – 22/5/09) kemarin. Agenda rutin tahunan Dewan Penggalang Gudep ini melombakan sedikitnya enam mata lomba, yang meliputi: Semboyan (shemapore dan morse), menaksir, LBB, Pioneering, Cerkas, dan peta panorama. Acara ini selain untuk uji penguasaan materi bagi anggota pramuka penggalang, juga untuk memberikan suasana yang berbeda dan sekaligus penyegaran.

Menurut Muhammad Rosyadi (20), salah satu pembina pramuka, mengungkapkan bahwa kegiatan yang melibatkan juri dari beberapa anggota Gugus Depan 09.115/09.116 (MA Matholi’ul Huda Troso) lebih ditekankan pada penguasaan dan pemahaman materi saja. “kami lebih memprioritaskan mereka (Anggota Penggalang – red) pada penguasaan dan pemahaman materi. Apakah mereka sudah cukup paham tentang materi kepramukaan atau belum sehingga kami bisa mengetahui sejauh mana tingkat pemahamannnya,” kata Rosyadi.

Keluar sebagai juara tergiat putra adalah regu 4 yang diketuai oleh Noor Hidayat dan juara tergiat putri adalah regu 6 yang diketuai oleh Lia Listiana. Para juara mendapatkan dua piala, yaitu piala tetap dan piala bergilir yang akan diperebutkan setiap tahun.

Acara berakhir dengan penyerahan hadiah per mata lomba dan pengumuman juara umum.

Pelantikan Penggalang Rakit

Selain Lomba Tingkat I, pada hari itu juga dilaksanakan Pelantikan Penggalang Ramu ke Penggalang Terap. Para anggota penggalang sebelumnya telah menyelesaikan ujian syarat kecakapan umum (SKU) tingkat Penggalang Ramu, sebagai syarat untuk naik tingkat ke lebih atas (penggalang terap).

Para calon penggalang terap harus menyelesaikan beberapa ujian yang diujikan tim penguji. Jika mereka telah dianggap mampu, maka tim penguji akan memberikan tanda tangan. Tim penguji berasal dari Pembina pramuka di MTs. Matholi’ul Huda Troso.
Pelantikan dilaksanakan secara simbolis pada saat upacara penutupan oleh Pembina Upacara, Agus Siswanto (24) kepada Noor Arif (VII B) dan Siti Khotijah (VII A). dengan penyematan manggar dua sebagai tanda penggalang rakit.

Pemilihan Pratama

Serangkaian acara Lomba Tingkat I dan Pelantikan diakhiri dengan pemilihan Pimpinan Regu Utama (Pratama) masa bakti 2009/2010. Pemilihan ini dimaksudkan untuk mencari pengganti pratama yang lama yang akan segera habis masa jabatannya.

Ada beberapa calon yang telah ditentukan oleh Pembina pramuka, mereka adalah: Noor Hidayat (kelas VIII A), Iwan Awwaludin Yusuf (Kelas VIII C), dan Tri Bowo Krismawanto (kelas VIII A). Adapun untuk calon pratama putri yang telah ditunjuk adalah: Lia Listiana (VIII A), Nailin Ni’mah (VIII A), dan Elvi Fitrianingsih (VIIIA).

Sebelum dilakukan pemilihan, para calon diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan visi dan misinya jika nanti terpilih sebagai pratama. Kemudian setelah selesai penyampaian visi dan misi, seluruh anggota pramuka penggalang ramu maupun terap dikondisikan memasuki ruang kelas untuk melakukan voting (pemilihan pratama).

Keluar sebagai Pratama Putra adalah Tri Bowo Krismawanto dan Pratama putri adalah Lia Listiana. Mereka berdua akan dilantik dalam waktu dekat dan akan menggantikan kepemimpinan Dewan Penggalang yang lama.

(Fadloli – Emha POS)

0 komentar:

Posting Komentar