Rabu, 01 April 2009

The History

0 komentar


Pendidikan nasional pada hakekatnya bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dari pemikiran tersebut Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso mendirikan Madrasah Aliyah sebagai lanjutan dari Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Troso. Agar lulusan dari MTs dan juga SMP sekitar desa Troso dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

MA Matholi’ul Huda Troso didirikan tanggal 9 Juli 2003 melalui rapat Yayasan. Secara resmi MA Matholi’ul Huda Troso menerima pendaftaran siswa baru mulai tahun pelajaran 2003/2004 dengan jumlah pendaftar laki-laki : 35 dan perempuan 45. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat sekitar terhadap keberadaan MA Matholi’ul Huda Troso cukup tinggi.

Sampai saat ini madrasah terus berupaya menambah fasilitas-fasilitas pembelajaran siswa seperti penambahan buku perpustakaan, internet, multimedia dan ketrampilan guna menunjang kegiatan belajar mengajar siswa.

Madrasah memiliki Tujuan Menciptakan siswa-siswi berbudi luhur dan berprestasi tinggi yang tidak hanya mencetak anak pandai saja tetapi mendidik anak memeliki budi luhr dan juga memiliki prestasi baik tingkat Kabupaten sampai tingkat nasional.

Mencetak sumber daya manusia yang berkarakter dan sekaligus mengusai ilmu dan teknologi bukanlah pekerjaan yang mudah, oleh kaena itu perlu dilaksanakan reformasi pendidikan ke arah yang lebih kondusif untuk terciptanya kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, terutama melalui konsep pendidikan holistik (menyeluruh).

“The highest function of education is to bring about an integrated individual who is capable of dealing with life as a whole” (Khrishna Murti), yaitu fungsi terpenting dari pendidikan adalah menghasilkan manusia yang terintegrasi yang mampu mengatur dengan kehidupan sebagai satu kesatuan.

Menyadari sangat strategisnya peran pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia berkualitas yang berkarakter maka upaya peningkatan profesionalisme pendidikan dan tenaga kependidikan serta memadainya penyediaan sarana pendidikan adalah suatu langkah strategi yang mutlak dilakukan agar penciptaan proses pembelajaran yang bermutu dapat tecipta. Oleh karena Bantuan penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) sebagai manifestasi menuju madrasah berkualitas adalah langkah tepat untuk menjadi madrasah yang memenuhi standar nasional guna pencapaian kualitas manajemen administrasi, pembelajaran dan pengembangan program non akademik.

0 komentar:

Posting Komentar