Kamis, 27 Agustus 2009

Tips Sehat Buka Puasa

0 komentar
Perubahan jadwal makan pastinya akan membuat proses metabolisme tubuh kamu berubah sehingga perlu penyesuaian di awal-awal bulan puasa. Demikian juga asupan karbohidrat, protein dan vitamin yang sangat mendukung kinerja alat tubuh secara optimal otomatis berubah takarannya, terutama dalam waktu konsumsinya. Berikut tips sehat ketika berbuka:

  1. Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa. Nggak jadi masalah walaupun menu sederhana, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.


  2. Perbanyak minum air putih pada malam hari. Hal ini penting dilakukan, karena pada siang hari aktivitas yang kamu lakukan lebih banyak menguras keringat.


  3. Berbukalah dengan makanan atau minuman yang manis dan hangat. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda dan air dingin, karena akan berakibat buruk bagi perut kamu.


  4. Beristirahatlah sejenak setelah berbuka, kurang lebih selama satu jam agar perut kamu tidak kaget menerima makanan yang masuk.


  5. Perbanyak makan makanan berserat agar kamu lebih tahan dalam menahan rasa lapar. Karena makanan berserat lebih lama dicerna oleh tubuh.


  6. Jangan lupa konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi agar tubuh kamu tetap bugar.


  7. Hindari makanan yang mengandung asam, pedas dan soda terutama untuk kamu yang memiliki penyakit maag, hal tersebut akan membuat penyakit maag kamu kambuh.


Sumber: www.mudahmudik.com

0 komentar:

Posting Komentar